UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Aplikasi Prinsip-Prinsip Demokrasi Dalam Pendidikan Islam (Kajian Al-Qur'an Surat An Nahl Ayat 43)

Tuti Rondiyah - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui prinsip-prinsip demokrasi dalam pendidikan Islam dan 2) untuk mengetahui aplikasi prinsip-prinsip demokrasi dalam pendidikan Islam menurut Al-Qur’an Surat An Nahl ayat 43
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian kepustakaan atau library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Dalam penelitian kepustakaan ini menggunakan metode tafsir tematik dalam menganalisis setiap ayat yang dikaji. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yakni metode tematik yang merupakan alur atau kerangka berfikir untuk menganalisis topik tertentu berdasarkan tema yang telah ditetapkan. Selain itu juga dengan analisis isi (content analysis) yang digunakan untuk menganalisis isi atau kandungan yang terdapat pada objek yang diteliti yakni Al-Qur’an surat An Nahl ayat 43
Hasil penelitian manunjukkan bahwa Al-Qur’an Surat An Nahl Ayat 43 merupakan ayat yang mengandung nilai-nilai edukatif tentang subyek didik (pendidik) dalam pendidikan Islam. Guru sebagai subyek didik dalam menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam pendidikan Islam sesuai dengan Al-Qur’an Surat An Nahl Ayat 43 yakni pendidik harus memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam berpendapat, berkarya dan mengembangkan potensinya, perlakuan yang sama terhadap peserta didik, dan memberi penghormatan kepada peserta didik sebagai individu. Dalam praktiknya dalam pembelajaran, nilai edukatif dalam surat An Nahl ayat 43 yakni penerapan metode diskusi karena pendidik bisa sebagai subjek sekaligus objek didik, pendidik harus menyesuaikan dengan tingkat kecerdasan dan pemahaman peserta didik, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, pendidikan dilakukan secara bertahab dan pendidik atau guru harus menguasai bahan ajar.




Kata kunci: prinsip, demokrasi, pendidikan


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 4051 RON a
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Demokrasi dalam islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tuti Rondiyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?