Skripsi
Pembelajaran PAI yang aktif dan menyenangkan (kajian buku pembelajaran berbasis edutainment) karya Prof. Dr. H. Hamruni, m. si
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajarn PAI yang selama ini dilakukan oleh hampir semua guru PAI adalah pembelajaran yang bersifat konvensional dan monoton dengan metode ceramah. Hal ini bukan berarti sepenuhnya salah, akan tetapi kurangnya inovasi guru dalam memakai metode pembelajaran juga berpengaruh terhadap pola interaksi guru-siswa, kenyamanan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar yang hendak dicapai. Untuk menghilangkan kesan pembelajaran monoton dan konvensional, maka perlu ada perubahan metode pembelajaran dengan metode baru yang lebih aktif, efektif dan efesien. Salah satu metode yang dikenalkan oleh Prof. Dr. H. Hamruni, M. Si adalah pembelajaran berbasis edutainment.Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan konsep pembelajaran PAI berbasis edutainment (aktif menyenangkan), dan cara mengaplikasikan metode pembelajaran PAI yang aktif dan menyenangkan. Dalam mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan metode metode deskriptif dengan tehnik analisis isi (content analysis) dan menganalisis data dengan cara induktif, dedukatif, dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, konsep pembelajaran berbasis edutainment adalah pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dan menikmati proses pembelajaran yang rileks, menyenangkan dan bebas dari tekanan, baik fisik maupun psikis. Atau dengan kata laian, edutainment adalah suatu proses pembelajaran yang didesain sehingga pendidikan dan hiburan dapat dikombinasikan secara harmonis untuk pembelajaran yang menyenangkan yang biasanya dilakukan melalui education games. Kedua, implementasi konsep edutainment dalam pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya: 1) menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat; 2) belajar mudah dan menyenangkan; 3) menciptakan lingkungan belajar yang kondusif; 4) menarik minat; 5) menyajikan materi yang relevan; 6) melibatkan emosi positif dalam pembelajaran; 7) melibatkan semua indera dan pikiraan; 8) menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, dan; 9) memberikan pengalaman sukses.
Kata Kunci: Pembelajaran PAI Aktif dan Menyenangkan, Pembelajaran Berbasis Edutainment.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain