Skripsi
Efektifitas Penggunaan Cd Pembelajaran Alat Ukur Untuk Peningkatan Kemampuan Membaca Alat Ukur Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Di Mts Aswaja Bumijawa Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca alat ukur antara siswa yang belajar dengan secara konvensional dan yang menggunakan CD Pembelajaran alat ukur (2) ada tidaknya peningkatan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan secara konvensional dan yang menggunakan CD pembelajaran alat ukur (3) berapa peningkatan kemampuan membaca alat ukur dan hasil belajar siswa dengan menggunakan CD pembelajaran alat ukur.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai Agustus 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode true eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIMTs Aswaja yang berjumlah 71 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum pembelajaran kedua kelompok diberikan soal pretes. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan media CD pembelajaran alat ukur, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan CD pembelajaran alat ukur. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhir berupa tes hasil belajar, kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t dan uji gain untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan prestasi belajar siswa.
Hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. Hasil penelitian data untuk hasil belajar antara kelas eksperimen thitung =3.245 dan ttabel =1.98 berarti thitung > ttabel, sedangkan untuk keterampilan berkomunikasi siswa diperoleh data thitung =2,320 dan ttabel =1.98. sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan kemampuan membaca alat ukur antara kelas eksperimen yang menggunakan media CD pembelajaran alat ukur. Dari uji-gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0.50 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan media CD pembelajaran alat ukurberpengaruh untuk peningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan membaca alat ukur.
Kata Kunci : CD Pembelajaran, Alat Ukur, Hasil Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain