Skripsi
Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Banjarmangu Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara Tahun 2014
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh antara lingkungan belajar terhadap prestasi bidang studi PAI kelas VIII SMPN 1 Banjarmangu Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015.
Peneltitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, interview, anket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Banjarmangu yang berjumlah 215. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 25% yakni 54 siswa dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat korelasional dan kuantitatif, denganperhitungan menggunakan rumus chi kuadrat.
Setelah penelitian dilaksanakan dan kemudian dilakukan pengujian secara teoritis guna mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar terhadap prestasi bidang studi PAI siswa di SMPN 1 Bajarmangu Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015, maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut : pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMPN 1 Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015, dengan taraf kesalahan 0,05%, dan dk 1, maka X2 Tabel 3,841 chi kuadrat, dan untuk 0,01% = 6,653. Ternyata X2 hitung lebih besar dari harga X2 tabel baik untuk taraf kesalahan 0,05% maupun 0,01% Tabel VI (lampiran). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh bagi siswa dalam kegiatan belajar sehingga berpengaruh dalam prestasi belajar siswa khususnya dalam pelajaran PAI di SMPN 1 Banjarmangu pada tahun 2015.
Kata kunci : Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain