Skripsi
Studi Korelasi Kegiatan Senam Otak Dan Konsentrasi Belajar Siswa Mts Al Irsyad Gunungjati Kecamatan Pagedongan Banjarnegara Tahu Pelajaran 2014/2015
Senam otak merupakan salah satu metode gerak dan latih otak, yang berguna dalam meningkatkan fungsi kognitif terutama pada siswa. Metode ini mengaktifkan dua belah otak dan memadukan fungsi semua bagian otak untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Gerakan senam otak dibuat untuk menstimulasi, meringankan atau merelaksasi siswa yang terlibat dalam situasi belajar tertentu. Senam otak merupakan suatu usaha alternatif alami yang sehat untuk menghadapi ketegangan dan tantangan pada siswa. Pemberian senam otak yang dikombinasikan dalam setiap pembelajaran di ruang kelas diharapkan dapat membantu siswa dalam relaksasi sehingga konsentrasi belajar siswa meningkat. Untuk itu guru perlu mengembangkan ketrampilannya dalam memberikan bimbingan belajar pada siswa dengan tujuan agar mengurangi rendahnya konsentrasi belajar pada siswa melalui latihan senam otak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Al Irsyad Gunungjati Pagedongan Banjarnegara Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Desain penelitian ini adalah quasy experiment dengan teknik random sampling, yaitu memilih sampel diantara populasi sesuai yang dikehendaki peneliti, sehingga sampel tersebut dapat mewakili karakteristik populasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara senam otak dengan konsentrasi belajar siswa di MTs Al Irsyad Gunungjati Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara. Dari hasil analisis tersebut dapat dikemukakan bahwa siswa yang sering melakukan senam otak akan berdampak pada konsentrasi belajarnya. Nilai koefisien korelasi antara senam otak (variabel x) dengan konsentrasi belajar siswa (variabel y) yang bernilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan skor variabel x akan diikuti oleh peningkatan pada skor variabel y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin sering siswa melakukan kegiatan senam otak akan berdampak baik terhadap konsentrasi belajar siswa. Lebih lanjut berdasarkan uji signifikasinya dapat diketahui bahwa pemgaruh tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada seluruh populasi yang berjumlah 201 siswa dimana sampel 40 siswa yang diambil.
Kata Kunci : Senam Otak, Konsentrasi Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain