Skripsi
Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xii Smk Jalaludin Wadaslintang Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran PAI di SMK Jalaludin Wonosobo Kelas XII Tahun Pelajaran 2015/2016, 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi PAI SMK Jalaludin Wonosobo Kelas XII Tahun Pelajaran 2015/2016, 3) mengetahui ada tidaknyaperbedaan prestasi belajar anatara siswayang menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan yang tidak menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam PAI SMK Jalaludin Wonosobo Kelas XII Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan model metode Nonequivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII SMK Jalaluddin Wonosobo, sehingga sampel penelitiannya yaitu kelas XII RPL sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa dan kelas XII Akutansi sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 siswa. Sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu Cluster Random Sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji gain.
Hasil analisis akhir menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian data dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5% ditunjukkan dengan p-value = 0,015 >α=0,05 sehingga dapat dinyatakan ada peningkatan prestasi belajar PAI yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa kelas XII SMK Jalaluddin tahun ajaran 2015/2016. Dari uji gain untuk untuk kelas eksperimen sebesar 28% (kriteria rendah) sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 15% (kriteria rendah). Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran berbasis TIK lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Penerapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prestasi belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain