Skripsi
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Pembentukan Tanah Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kalisatkidul Kalibening Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Salah satu masalah pokok yang umum di alami oleh guru dalam kegiatan pembelajaran adalah daya serap siswa yang rendah dalam penguasaan materi pelajaran. Indikasi daya serap belajar yang rendah adalah nilai ulangan yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang sudah ditentukan, prestasi belajar yang rendah, serta tugas yang diberikan (PR) tidak dikerjakan. Kalaupun dikerjakan siswa lebih senang untuk mencontoh pekerjaan teman sehingga mereka tergantung pada salah satu siswa yang cerdas saja. Artinya sebagian siswa tidak ada rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas karena mereka tidak menguasai konsep dan materi pelajaran dengan baik. Guru harus berani berinstropeksi apabila menghadapi kejadian yang demikian, dimungkinkan karena adanya kesalahan dalam pemilihan model pembelajaran serta pemilihna metode yang cenderung monoton. Padahal dalam pembelajaran IPA keterampilan proses (afektif) sangat penting selain ranah kognitif.
Penulisan Skripsi dengan Judul Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pembentukan Tanah Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalisatkidul Kalibening Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran IPA, seberapa peningkatan hasil belajar, dan mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode STAD dengan metode Konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Kalisatkidul Banjarnegara. Metode penelitian ini penulis menggunakan Pendekatan penelitian Kuantitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan mengadakan pre tes dan post test untuk mengetahui efektivitasnya. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data tertulis atau lisan dari orang atau pengamatan kegiatan pembelajaran sehingga penulis berupaya menggambarkan semuanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penulis juga menganalisis hasil pretes dan postes pada pembelajaran IPA untuk mengetahuai efektivitas metode yang digunakan. Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini adalah proses pembelajaran dengan model STAD memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pembentukan Tanah Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalisatkidul Kalibening Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci : Efektivitas, STAD, hasil belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain