UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penggunaan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa

Zulfa Rosadha Fauziah - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran fisika denganpendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadapkomunikasi verbal siswa; 2) Pengaruh kemampuanmatematikatinggidanrendahterhadapkomunikasi verbal siswa; 3) Interaksi antara pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengankemampuanmatematikaterhadapkomunikasi verbal siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan desain faktorial 2 x 2. Populasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Wonosobo tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik Random Sampling sejumlah 2 kelas, yaitu siswa kelas X RPL 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes,metode angket, danmetodeobservasi. Hasil tes berupa berupa nilai kemampuanmatematika siswa,hasilobservasiberupanilaikomunikasi verbal siswasedangkan teknik angket berupa responterhadap model pembelajaran, Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, reliabilitas tes digunakan uji KR-20, derajat kesukaran butir soal, daya beda butir soal. Validitas instrumen angket menggunakan validitas angket, reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan.
Hasil analisis penelitian menunjukkan: 1) komunikasi verbal siswa dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan konvensional, dengan hasil Fhitung = 43,19325 sedangkan Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (43,19325>4,00); 2) komunikasi verbal siswa dengan kemampuan matematika tinggi lebih baik dibanding dengan siswa kemampuan matematika rendah dengan hasil perhitungan Fhitung = 15,81532 sedangkan Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (15,81532>4,00); 3) terdapat interaksi antara pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan kemampuanmatematika terhadap komunikasi verbal dengan hasil perhitungan Fhitung = 6,957976 sedangkan Ftabel = 4,00dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (6,957976>4,00).


Kata Kunci : CTL, Kemampuan Matematika, Komunikasi Verbal
ABSTRACT


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3972 FAU p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Komunikasi verbal
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Zulfa Rosadha Fauziah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?