Skripsi
Penggunaan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Komunikasi Verbal Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh pembelajaran fisika denganpendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadapkomunikasi verbal siswa; 2) Pengaruh kemampuanmatematikatinggidanrendahterhadapkomunikasi verbal siswa; 3) Interaksi antara pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengankemampuanmatematikaterhadapkomunikasi verbal siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan desain faktorial 2 x 2. Populasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Wonosobo tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 5 kelas. Sampel penelitian ini diperoleh dengan teknik Random Sampling sejumlah 2 kelas, yaitu siswa kelas X RPL 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes,metode angket, danmetodeobservasi. Hasil tes berupa berupa nilai kemampuanmatematika siswa,hasilobservasiberupanilaikomunikasi verbal siswasedangkan teknik angket berupa responterhadap model pembelajaran, Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, reliabilitas tes digunakan uji KR-20, derajat kesukaran butir soal, daya beda butir soal. Validitas instrumen angket menggunakan validitas angket, reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan.
Hasil analisis penelitian menunjukkan: 1) komunikasi verbal siswa dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan konvensional, dengan hasil Fhitung = 43,19325 sedangkan Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (43,19325>4,00); 2) komunikasi verbal siswa dengan kemampuan matematika tinggi lebih baik dibanding dengan siswa kemampuan matematika rendah dengan hasil perhitungan Fhitung = 15,81532 sedangkan Ftabel = 4,00 dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (15,81532>4,00); 3) terdapat interaksi antara pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan kemampuanmatematika terhadap komunikasi verbal dengan hasil perhitungan Fhitung = 6,957976 sedangkan Ftabel = 4,00dengan taraf signifikan α = 0,05. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel (6,957976>4,00).
Kata Kunci : CTL, Kemampuan Matematika, Komunikasi Verbal
ABSTRACT
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain