t_tabel. Dan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 78,23, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,67,dari rata-rata peningkatan kemampuan menyimak tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 6.37, dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media audio visual dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab menyimak siswa, dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharoh istima’. Kata Kunci : Media, Audiovisual, Maharoh istima’ " />
Skripsi
Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Maharoh Istima' Kelas X Di Ma Takhasus Al-Qur'an Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan maharoh istima’siswa kelompok eksperimen (kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan mediaaudio-visual) dengan siswa kelompok kontrol (kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media audio-visual).
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari sampai Februari 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Takhassus Al Qur’an Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 64 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Sedangkan pengkajian instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis uji "t" disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada maharoh istima’ antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh berdasarkan perolehan hasil hipotesis uji-t taraf signifikasi 5% t_(hitung ) = 15,83 dan dk = 62 didapatkan t_tabel = 1,671 karena t_(hitung ) > t_tabel. Dan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 78,23, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,67,dari rata-rata peningkatan kemampuan menyimak tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yakni sebesar 6.37, dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media audio visual dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab menyimak siswa, dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab pada maharoh istima’.
Kata Kunci : Media, Audiovisual, Maharoh istima’
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain