UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Konsep Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (Air) Dalam Meningkatkan Komunikasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Materi Getaran Dan Gelombang Kelas Viii Mtsn Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016

Lia Andrianti - Nama Orang;

Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) menuntut peserta didik untuk melatih kemampuan komunikasi baik dengan guru maupun dengan peserta didik lain ditunjukkan dengan pelaksanaannya menggunakan kemampuan mendengarkan dan berbicara, berfikir, serta pengulangan terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan komunikasi ilmiah dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTsN Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016.
Pendekatan penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara proportionate stratified random sampling, dengan sampelnya adalah 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 siswa untuk kelas eksperimen, sampel ini diambil dari populasi kelas VIII siswa MTsN Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 214 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk melihat obyek penelitian, metode tes untuk melihat kemampuan hasil belajar siswa baik awal maupun akhir (pretest dan posttest), metode angket digunakan untuk melihat kemampuan komunikasi ilmiah baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol.
Dari hasil analisis uji t diperoleh thitung komunikasi ilmiah 4,4287 sedangkan ttabel 2,0105 dengan taraf kesalahan relatif 5% dan thitung hasil belajar siswa sebesar 3,4923 sedangkan ttabel 2,0105 dengan taraf kesalahan relatif 5%. Karena thitung komunikasi ilmiah dan thitung hasil belajar lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) efektif dalam meningkatkan komunikasi ilmiah dan hasil belajar siswa. Dilanjutkan dengan uji peningkatan atau uji gain. Kedua kelas yang menjadi sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori peningkatan tinggi dengan nilai 1,5035 dan untuk kelas kontrol termasuk dalam kategori peningkatan sedang sebesar 0,6541. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.


Kata kunci : Auditory Intelectually Repetition (AIR), komunikasi ilmiah, hasil belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3984 AND k
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran auditory intelectually repetition
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lia Andrianti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?