Skripsi
Peran Guru Tahfidz Dalam Proses Pembelajaran Menghafal Al-Qur'an Pada Siswa Kelas Ix Tahfidz Di Smp Takhassus Al-Qur'an Wonosobo Tahun 2015/2016
Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang diturunkan oleh Allah Swt kepada junjungan kita Nabi besar dan Rasul terakhir Muhammad Saw melalui malaikat Jibril untuk diteruskan penyampaiannya kepada seluruh umat manusia di muka bumi ini sampai akhir zaman nanti. Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat terpuji dan mulia. Orang-orang yang mempelajari, membaca atau menghafalkan Al-Qur’an merupakan orang-orang yang telah dipilih oleh Allah untuk mewarisi kitab suci Al-Qur’an. Dengan adanya para penghafal, Al-Qur’an akan selalu terjaga dari penyimpangan dan terpelihara dari usaha manusia yang ingin menodai keasliannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam melaksanakan proses pembelajaran menghafal Al-Qur’anpada siswa kelas tahfidz di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo tahun 2015/2016?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode-metode yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif deskriptif yaitu peran guru tahfidz dalam kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an siswa kelas ix tahfidz di SMP Takhassus Al-Qur’an Wonosobotahun ajaran 2015/2016
Hasil analisis menunjukkan bahwa banyak faktor yang menjadi pendukung dan penghambatdalam proses kegiatan menghafal Al-Qur’an,seperti: upaya, Strategi, metode, sarana dan prasarana dalam proses menghafal Al-Qur’an. Adapun hasil dari metode yang telah diterapkan sudah baik karena banyak yang telah memenuhi kriteria target yang ditentukan.
Kata kunci : Peran guru tahfidz, Menghafal Al-Qur’an
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain