Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Ma'arif Bakalan Kalikajar Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015
Perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model pembelajaran kooperatif. Pada model pembelajaran kooperatif siswa diberi kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk mencapai tujuan pembelajaran, sementara guru bertindak sebagai motivator dan fasilitator aktivitas siswa.
Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi angket, dan mengadakan tes untuk mengetahui kemandirian siswa. Dalam menganalisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap analisis yaitu : Analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjutan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualizationdapat diketahui dari hasil angket. Kategori dalam prosentase nilai sangat berpengaruh yaitu 34%, kategori berpengaruh yaitu 18%, kategori nilai tidak berpengaruh 6% kategori cukup berpengaruh 6% dan kategori kurang berpengaruh 30%. Sedangkan hasil perhitungan prosentase nilai kemandirian belajar siswa atau dari nilai tes yang memperoleh skor tertinggi adalah prosentase terbesar terletak pada kategori berpengaruh yaitu 30 %, Kategori nilai sangat berpengaruh 40%, kategori nilai tidak berpengaruh 12% kategori cukup berpengaruh 16% dan kategori kurang berpengaruh 2%.Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualizationyaitu dengan rata-rata skor 89,atau masuk dalam kategori baik, sedangkanNilai kemandirian belajar siswa kelas VIII MTs. Ma`arif bakalan tahun 2014/2015 yang terbanyak terdapat pada nilai baik yaitu dengan skor rata-rata 85. Koefisien (rxy) sebesar 0,292 yaitu >r tabel 0,279 atau pada taraf signifikan 5%. Sehingga hipotesis yang peneliti ajukan ada pengaruh yang positif antara Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs. Ma`arif Bakalan Tahun 2014/2015
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif,Tipe Team Assited Individualization, Kemandirian Belajar Siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain