Skripsi
Problematika Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fiq
Dalam proses belajar mengajar terdapat dua unsur yang amat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran, yang mana antara kedua aspek tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Pemilihan terhadap salah satu metode pengajaran tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada yang berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pengajaran, jenis tugas, respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pengajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Dengan memilih metode maupun media yang tepat akan terwujudnya prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih di MA Ma’arif Al Irsyad Gunungjati Tahun Pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperolah data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MA Ma’arif Al Irsyad Gunungjati. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.”
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan. Kedua, Problematika Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih kurangnya keterampilan dan kemampuan guru dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terbatasnya sarana prasarana atau Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fiqih. Ketiga, Solusi untuk Mengatasi Kendala-kendala dalam Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih Peningkatan Keterampilan dan kemampuan guru dalam bidang Teknik Informasi dan Komunikasi yaitu Komputer, Pengaturan jadwal penggunaan media audio visual untuk menghindari penggunaan waktu yang bersamaan dengan guru yang lain, dan Pengadaan sarana dan prasarana media pembelajaran yang berkaitan dengan media audio visual.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Prestasi Belajar Fiqih.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain