Skripsi
Efektivitas Media Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Materi Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Dan Daunnya Di Mi Ma'arif Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III semester I di MI Ma’arif Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015, (2)Untuk mengetahui efektivitas media alam sekitar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari sampai bulan April. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan III B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes, dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sebelum dilakukan perlakuan, siswa lebih dahulu diberi pretest dan setelah perlakuan siswa diberi postest.
Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas media alam sekitar dalam pembelajaran IPA mempengaruhi meningkatnya hasil belajar pada kelas eksperimen. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata prestasi belajar eksperimen 83, 33 sedangkan pada kelas kontrol hanya 76. Kenaikan nilai rata-rata eksperimen dari 72,33 menjadi 83,33, sedangkan pada kelas kontrol kenaikannya dari 70 menjadi 76. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan media alam sekitar pada mata pelajaran IPA efektif karena dapat memberikan perbedaan pada peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas III MI Ma’arif Kalibeber Kabupaten Wonosobo.
Kata kunci: efektivitas, media alam sekitar, hasil belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain