Skripsi
Implementasi Program Akselerasi Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Cerdas Istimewa Di Sma Takhassus Al-Qur'an Tahun 2014-2015
Fokus masalah skripsi ini diarahkan pada studi tentang implementasi program akselerasi dalam pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus AL-Qur’an tahun 2014-2015. Adapun rumusan masalah yang dibahas adalah: (1)Bagaimana implementasi program akselerasi dalam pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an pada tahun 2014-2015?(2) Apa problematika yang dihadapi dalam pengimplementasian program akselerasi pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an pada tahun 2014-2015? (3) Bagaimana solusi yang dilakukan untuk memecahkan problematika yang dihadapi dalam pengimplementasian program akselerasi pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an pada tahun 2014-2015?
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Data diperoleh melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik.
Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwa Implementasi program akselerasi dalam pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran, (2) Pengorganisasian Pembelajaran, (3) Penggerakan Pembelajaran, dan (4) Pengawasan Pembelajaran.
Problematika yang dihadapi dalam implementasi program akselerasi dalam pemblajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an antara lain: (1) Siswa sering bertingkah semaunya sendiri, (2) Siswa mengalami stres ketika proses pembelajaran, dan (3) Kondisi fisik siswa lemah.
Solusi untuk menghadapi problematika dalam program pembelajaran akselerasi dalam pembelajaran fisika bagi siswa cerdas istimewa di SMA Takhassus Al-Qur’an antara lain: (1) Pemberlakukan kurikulum khusus program akselerasi, (2) Siswa program akselerasi diberikan pendampingan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya dalam proses pembelajaran, serta mengadakan seminar-seminar serta out bond untuk mengurangi rasa stres siswa sehingga mereka tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (3) Sekolah mengeluarkan kebijakan bahwa siswa program akselerasi tidak diperbolehkan mengikuti lebih dari satu kegiatan ekstrakurikuler maupun organisasi.
Kata Kunci : Program Akselerasi, Pembelajaran Fisika, Siswa Cerdas Istimewa, SMA Takhassus Al-Qur’an.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain