Skripsi
Penggunaan Media Audio Visual Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Haisl Belajar Fisika Pokok Bahasan Cahaya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kaliwiro Tahun Ajaran 2014/2015
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas danhasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual dengan model pembelajaran direct instructiondengan pembelajaran konvensional dan mengetahui hubungan antara kreativitas terhadap hasil belajar tersebut.
Penelitian ini mengggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan menggunakan pretest, perlakuan dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kaliwiro kelas VIIItahun akademik 2014/2015. Dari populasi tersebut di atas diambil dua kelas sehingga sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas ekperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIIIDsebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes yaitu pretest dan postest. Hasil tes berupa nilai hasil belajar siswa. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, reliabilitas tes digunakan uji KR-20, derajat kesukaran butir soal, dan daya beda butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik diskriptif. Untuk menguji hipotesis ini digunakan statistik dua pihak dengan analisi uji-t, uji gain dan uji korelasi.
Hasil analisis uji hipotesi dengan uji-t diperoleh thitung =6,322 dan ttabeldengan taraf signifikasi 5% =2,000 dan 1% = 2,660 (thitung>ttabel) maka Ha diterima dan H0 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran direct instruction dengan media audio-visualdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil analisis N-gain diperoleh nilai gain hasil belajar sebesar 0,481. Serta uji N-gain kreativitas belajar diperoleh hasil 0,30. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dengan media audio-visualpada kelas eksperimen. Pada uji korelasi antara kreativitas terhadap hasil belajar diperoleh hasil rhitung = 0,370. dimana rtabel dengan dk 62 dan taraf signifikasi 5% = 0,254 dan taraf signifikasi 1% = 0,330. Karena rhitung> rtabel(0,370 > 0,254 > 0,330) maka H0 diterima dan Haditolak. Dengan demikian kedua variabel tersebut dikatakan mempunyai hubungan yang signifikan antara keratifitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwiro.
Kata Kunci : media audio visual
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain