Skripsi
Pengaruh Lingkungan Masyarakat Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik Smpn 3 Selomerto Tahun Ajaran 2015/2016
Pendidikan karakter adalah satu jawaban untuk menyeimbangkan dampak buruk globalisasi yang terus menggerus nilai-nilai tradisional yang sudah lama kita sepakati sebagai norma dan tata susila. Oleh karena itu, pendidikan karakter ini harus menjadi kebutuhan bersama bangsa Indonesia. Artinya, masyarakat juga harus ikut memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah, dalam hal ini kementrian pendidikan dan kebudayaan, untuk menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu pilar penyangga bangunan kesatuan republik Indonesia.
Dalam pendidikan pada esensinya adalah menciptakan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik (change behavior), bukan sekedar perubahan pola pikir. Itu sebabnya pendidikan karakter menjadi penting untuk menjawab tantangan di era globalisasi sekarang ini.
Rumusan masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimanakah penerapan pendidikan karakter kepada peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016, bagaimanakah pencapaian pendidikan karakter peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016 dan Sejauh manakah pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pendidikan karakter peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pendidikan karakter kepada peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016, mengetahui langkah-langkah pencapaian pendidikan karakter kepada peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016, dan mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan masyarakat terhadap pendidikan karakter peserta didik SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasi, penulis menggunakan metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Selomerto Wonosobo kelas VII C yang berjumlah 27 siswa.
Jadi, dengan kalimat yang sederhana, indikasi keberhasilan pendidikan adalah sejauh mana pendidikan karakter di bangun. Negara akan kuat, bersatu, aman dan damai bila pendidikan menghasilkan orang –orang yang berkarakter tangguh. Dan idealnya, pendidikan karakter berada di semua jenjang pendidikan dan semua lini kehidupan. Tidak hanya di sekolah atau di kampus saja. Pendidikan karakter harus menjadi tanggung jawab bersama.
Kata kunci: lingkungan masyarakat, pendidikan karakter
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain