Skripsi
Konsep pendidikan remaja perempuan menurut perspektif hannan athiyah ath-thuri dalam buku mendidik anak perempuan di masa remaja
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui makna konsep among dan kaitannya dalam pendidikan Islam dan efektivitasnya dalam membentuk karakter anak. Penelitian ini menjelaskan secara rinci mengenai konsep pendidikan among dan relevansinya dalam pendidikan Islam yang meliputi, pengertian, metode, tujuan, dasar hukum, dan kaitannya dalam pembentukan karakter anak.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelusuran pustaka (library research), dengan mengumpulkan data, karena penulisan ini bersifat kepustakaan atau literatur yang sumber datanya hanya dapat diperoleh dari buku-buku literatur, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan metode induktif-deduktif dan analisis content. Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkap manfaat konsep among dan pendidikan Islam di dalamnya.
Hasil penelitian menunjukkan konsep among mempunyai peran yang besar dalam mendidik anak terutama dalam membentuk karakternya. Dengan metode among seorang pendidikan akan menghasilkan generasi penerus yang berkarakter dan berkepribadian yang baik, karena pendidikan tidak pernah dari ke tiga lingkungan pendidikan yaitu, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Serta seorang pendidik dalam memberikan pengajaran berpedomankan pada “Ing ngarso Sung Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Hadayani”.
Kata kunci: Among, Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Islam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain