Skripsi
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di Ma Takhassus Al-Qur'an Kalierang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Dengan berkembangnya pendidikan di zaman modern ini, maka nilai-nilai keagamaan terjadi suatu pergeseran sehingga semakin tidak terhiraukan. Masyarakat dunia modern yang kini berada dalam era globalisasi tampak semakin kurang menyadari betapa penting makna tata nilai agama itu bagi kehidupan, terutama bagi manusia yang tengah mengalami kegoncangan jiwa yang cenderung tampak makin hebat tidak seperti yang lazim terjadi pada masa remaja. Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia mempunyai tempat yang penting sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa, sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantunga sebagaimana akhlaknya. Pendidikan agama islam merupakan salah satu faktor penunjang dalam pendidikan akhlak.orang yang berakhlak adalah orang yang memiliki sikap batin yang baik dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik pula. Sikap batin ini disebut juga hati. Orang yang baik memiliki hati yang baik. Akan tetapi sikap batin yang baik baru dapat dilihat oleh orang lain setelah terwujud dalam perbuatan lahiriah yang baik pula.
Penulisan Skripsi dalam judul Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MA Takhasus Al-Qur’an Kalierang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015, bertujuan untuk mengetahui akhlak siswa, sebagaimana diutarakan dalam rumusan masalah: bagaimana pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Takhasus Al-Qur’an Kalierang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015, Apa sajakah kendala-kendala dalam membina akhlakul karimah siswa di MA Takhasus Al-Qur’an Kalierang Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dedangkan metode analisis data yang bersifat kata-kata atau kegiatan yang di temukan di lapangan dianalisis dengan deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh dalam pembinaan akhlak siswa. Pendidikan yang efektif dilakukan adalah membuat lingkungan yang agamis sehingga dapat berpengaruh langsung dengan aktifitas mereka. Sedangkan lingkungan yang kurang mendukung dalam pembinaan akhlak mereka adalah adat istiadat pergaulan serta kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan kedalaman spiritual dan kematangan jiwa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidik dalam memberikan pendidikan. Pengaruh kemajuan teknologi yang secara tidak langsung memberikan dampak pada perilaku seseorang.
Kata Kunci: strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain