Skripsi
Peningkatan Keterampilan Menulis Surah Al-Qur'an Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Kelas Iv Di Mi Ma'arif Kliwonan Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surah al-Qur’an mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pendidik terutama guru mapel agama dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits adalah kurangnya keterampilan menulis al-Qur’an siswa yang membuat guru perlu kerja keras dalam membimbing menulis terutama pada teknik penulisan yang benar. Oleh karenanya peneliti melakukan penelitian mengenai peningkatan keterampilan menulis surah al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi kelas IV di MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016. Dalam pengumpulan data dengan mengunakan wawancara terstuktur, dokumentasi dan lembar observasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pretes dan postes keterampilan menulis peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian peningkatan keterampilan menulis surah al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi kelas IV di MI Ma’arif Kliwonan Wonosobo, hasil analisis data penelitian nilai posttest peserta didik lebih baik dari pada hasil pretest. Hal ini merupakan hasil perlakuan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan menggunakan ekstrakurikuler kaligrafi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran al-Qur’an Hadits menggunakan ekstrakurikuler kaligrafi berpengaruh positif dan ada perkembangan keterampilan menulis peserta didik. Hal ini terbukti pada hasil akhir analisis ternyata diperoleh thitung sebesar 9,03 selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria pengujian dengan taraf 5% dan ttabel sebesar 2,045 dan taraf 1% adalah 2,756. Ternyata thitung > ttabel maka Ho yang diajukan ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV MI Ma’arif Kliwonan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata prestasi peserta didik.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Pembelajaran al-Qur’an Hadits, Ekstrakurikuler Kaligrafi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain