Skripsi
Korelasi Antara Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Penanaman Budi Pekerti Siswa Di Smp Nurul Anbiya Salamerta Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Kompetensi sosial dan kepribadian guru merupakan faktor penting bagi guru akan kepribadiannya, kepribadiannya itu yang akan menentukan, apakah ia akan menjadi pembimbing dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah akan jadi perusak atau penghancur, bagi hari esok anak didiknya, terutama bagi siswa yang masih sangat muda dan mereka yang sedang mengalami masa goncang, sebab mereka belum mampu melihat dan memilih nilai, mereka baru mampu melihat pendukung nilai. Saat-saat seperti ini proses imitasi dan identifikasi sedang berjalan. Arah pengembangan nilai budi pekerti dapat diukur dari kemampuan perasan untuk mengadakan kontak sosial, hubungan dengan orang lain, menghayati perasaan dan jalan pikiran orang lain. Kemampuan perasaan ini berarti kesediaan untuk membuka diri, mengutarakan secara terbuka keadaan dirinya kepada orang lain dan kesediaan untuk mengadakan komunikasi. Kemampuan ini bergantung pada perasaan diri. Budi pekerti yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dan tidak terlalu terikat dengan akunya akan lebih mudah mengadakan hubungan sosial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman budi pekerti siswa di SMP Nurul Anbiya Salamerta Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Hasil perhitungan deperoleh hasil korelasi ganda ryx1x2 sebesar 0,766 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan harga r tabel untuk taraf signifikasi 1% dengan n = 35 diperoleh 0,430 dan untuk taraf signifikasi 5% dengan n = 35 diperoleh 0,334. Karena harga r hitung lebih besar dari r tabel baik untuk taraf signifikasi 1% maupun 5% ternyata hasil perhitungan koefisien korelasi tersebut rhitung > rtabel. Dengan demikian hipotesa kerja yang diajukan dalam penelelitian ini terbukti, karena hasil penelitian membuktikan bahwa ternyata ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman budi pekerti siswa SMP Nurul Anbiya Selamerta. Jadi kesimpulannya koefisien korelasi antara kompetensi sosial guru dan kompetensi kepribadian guru terhadap penanaman budi pekerti siswa SMP Nurul Anbiya sebesar 0,766 adalah signifikan, artinya koefisien tersebut dapat digeneralisasikan atau dapat berlaku pada seluruh populasi dimana sampel 35 siswa yang diambil.
Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Budi Pekerti.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain