UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Keefektifan Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glb Glbb) Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 4 Banjarnegara

Janah, Laela Nur - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) bagaimana peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan media animasi; (2) peningkatan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan media animasi; (3) dan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dan pemahaman konsep fisika.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 109 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel diambil secara Sampling Insidental, sebagai sampel penelitian adalah kelas VII A, yang terdiri 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik tes berupa skor pemahaman konsep fisika dan angket berupa skor minat belajar siswa.
Analisis dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kuantitatif yaitu dengan data nilai pre-test dan post-test siswa yang digunakan sebagai uji hipotesis untuk mengetahui minat belajar siswa dan pemahaman konsep fisika dengan hasil = 0,43 untuk minat belajar siswa dan = 0,3 untuk tes pemahaman konsep fisika yang menunjukan bahwa setelah perlakuan minat belajar dan pemahaman konsep siswa meningkat dengan kategori sedang. sedangkan uji hipotesis selanjutnya adalah ada hubungan minat belajar siswa dengan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan media animasi. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan korelasi product moment yaitu r_hitung 0,413. Tetapi apabila menggunakan taraf signifikan 1% r_hitung>r_tabel yaitu 0,426 < 0,526.Jadi, peneliti menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan membuat siswa tertarik mempelajari lebih dalam materi fisika, sehingga akan menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan adanya minat belajar yang meningkat akan mempengaruhi pemahaman konsep fisika, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Kata kunci: media, animasi , minat


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3922 JAN k
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Media animasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Laela Nur Janah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?