Skripsi
Studi korelasi antara penguasaan materi bidang akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas VII MTs Ma'arif Kertek Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Sebagaimana dipahami bahwa para remaja berkembang secara integral,
dalam arti fungsi-fungsi jiwanya saling mempengaruhi secara organik.
Karenanya sepanjang perkembangannya membutuhkan bimbingan sebaik-
baiknya dari orang yang lebih dewasa dan bertanggung jawab terhadap jiwa
para remaja yang menurut kodratnya terbuka terhadap pengaruh dari luar.
Namun tidak jarang para remaja mengambil jalan pintas untuk mengatasi
kemelut batin yang mereka alami itu.
Tujuan penulis mengadakan penelitian ini sebagai berikut (1) Untuk Mengetahui Penguasaan Materi Bidang Studi Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Kertek Tahun Pelajaran 2014/2014.(2)Untuk MengetahuiPerilaku Keagamaan Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Kertek Tahun Pelajaran 2014/2015.(3)Untuk Mengetahui Korelasi Antara Penguasaan Materi Bidang Studi Akidah Akhlak Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Kertek Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode dan analisis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi.
Prestasi Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Ma’arif Kertek Kecamatan Kertek baik.Dari tabel prosentase penguasaan materi bidang studi akidah akhklak di MTs Ma’arif Kertek tahun pelajaran 2014/2015 membuktikan bahwa nilai terbesar dari hasil penelelitian menunjukkan prosentase terbesar sejumlah 66,67 %, angka ini ada direntang nilai 29-34, sedangkan rentang nilai tersebut berada di posisi teratas dan posisi kedua terletak pada kategori amat baik yakni 6,67 % pada proses penskoran.
Korelasi perilaku keagamaan siswa kelas VII MTs Ma’arif Kertek tahun pelajaran 2014/2015 baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perolehan perilaku keagamaan yang dicapai siswa, karena dari tabel prosentase yang terbesar terletak pada kategori baik yaitu sejumlah 69,33 % pada kategori baik dan kategori amat sebesar 30,67 %, angka ini menunjukkan bahwa korelasi perilaku kegamaan siswa baik, karena angka ini berada pada posisi pertama dan kedua dalam penskoran yakni pada rentang nilai 7,1-8,0 dan 8,1-10 dengan prosentase 69,33 % dan 30,67 %.
Kata Kunci :Akidah Akhlak,Perilaku Keagamaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain