Skripsi
Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smp Pgri Leksono Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kondisi kecerdasan emosional guru di SMP PGRI Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017, 2). Untuk mengetahui usaha yang telah dilakukan guru agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP PGRI Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017, 3). Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional guru terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP PGRI Leksono Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode Pengumpulan data yang digunakan diantaranya metode angket langsung tertutup. Teknik sampling ynag digunakan adalah Random Sampling dan sampel yang diambil sebanyak 27 Siswa terdiri dari kelas VII, VIII dan IX. Pendekatan penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ini denga menggunakan analisis Product Moment diperoleh hasil 0,015 dan dengan signifikansi 5%= 0,381dan dengan signifikansi 1%= 0,487, maka dapat diketahui < . Sehingga untuk hipoteis alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh kecerdasaan emosional guru terhadap motivasi belajar PAI siswa ditolak, dan hipotesis nihil (Ho) yang mengatakan tidak ada pengaruh kecerdasaan emosional guru terhadap motivasi belajar PAI siswa diterima.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara kecerdasaan emosional guru terhadap motivasi belajar PAI siswa SMP PGRI Leksono Wonoso Tahun Pelajaran 206/2017.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain