Skripsi
Kontribusi kh. Abdurrahman wahid dalam pendidikan sialam di era globalisasi (kajian buku : gus dur dan pendidikan islam, dalam rangka mengembalikan esensi pendidikan di era global karya faisol)
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui latar belakang pendidikan KH. Abdurrahman Wahid,2) untuk mengetahui seberapa jauh peran dan kiprah KH. Abdurrahman Wahid dalam pendidikan Islam, dan 3) untuk mengetahui konsep pemikiran pendidikan Islam KH. Abdurrahman Wahid di era global menurut Faisol
Penelitian ini merupakan Library Researchatau penelitian kepustakaan, yakni penelitian yang digunakan dengan mengunakan literatur ( kepustakaan) baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Penelitian peneliti ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan bentuk analisisnya yang bersifat deskripif. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yakni metode deduktif (dari umum ke khusus), metode induktif dari (khusus ke umum, dan metode komparasi yakni metode yang digunakan untuk mengetahui perbedaan diantara dua hal atau lebih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era globalisasi ini, pendidikan Islam dipaksa harus berdiri diantara dua kaki: modernisme dan tradisionalisme untuk itulah K.H. Abdurrahman Wahid berusaha mengambil jalan tengah tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan menyerap modernism Barat, pemikiran beliau ini di sebut neomodernisme. Pemikiran Gus Dur mengenai pendidikan Islam yaitu pembelajaran haruslah membebaskan pikiran manusia dari belenggu-belenggu tradisional yang kemudian ingin di daur ulang dengan melihat pemikiran kritis yang terlahir oleh Barat modern. Dengan demikian akan muncul term pembebasan dalam ajaran Islam dalam koridor ajaran Islam yang harus dipahami secara komprehensif bukan dengan pemahaman yang parsial.
Kata kunci: pendidikan, neomodernisme, globalisasi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain