Skripsi
Pemikiran kh. Abdurrahman wahid dalam mengembalikan esensi nilai pendidikan islam di era globalisasi
Pendidikan Islam secara umum bertujuan untuk meningkatan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu diperlakukan suatu metode yang dapat menerapkan pembelajaran yang baik dan menciptakan pendidikan yang berkualitas dengan mengedapankan pluralis.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif yang terdiri dari Analisis selama pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan/verifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana esensi pendidikan Islam dalam mengaplikasikan didunia pendidikan yang serba globalisasi dan mampu menyerap ilmu-ilmu dari beliau KH. Abdurrahman Wahid.
Hasil analisis menunjukkan bahwa banyak pemikiran-pemikiran KH. Abdurrahman Wahid yang mendukung dalam dunia pendidikan seperti mengedepankan pemikiran mulai dari pemikiran tradisionalis dan pemikiran modern yang digabungkan tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisionalis dan mengambil nilai-nilai modern yang tentunya masih dalam lingkup syariat Islam yang dinamakan neomodernisme, serta pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam berbasis multikulturalisme.
Kata kunci: KH. Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam, Era Globalisasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain