Skripsi
Pembelajaran Pai Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smk Takhassus Al-Qur'an Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016ma)
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui penerapan media pembelajaran PAI di SMK Takhassus Al-Qur,an Wonosobo; 2) Mengetahui proses pembelajarn PAI di SMK Takhassus Al-Qur,anWonosobo; 3) Mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dengan metode eksperimen, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akutansi 1dan 2 di SMK Tahassus Al-Qur’an Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 53 siswa. Pengambilan data menggunakan tes soal pretes dan posttest untuk prestasi belajar. Analisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran berbasis multimedia pada pelajaran PAI di SMK Tahassus Al-Qur’an Wonosobo dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan pada saat proses pembelajaran dengan multimedia yaitu diperoleh hasil sebagai berikut: 7 siswa memperoleh nilai dalam kategori rendah (27%), 12 siswa dalam kategori cukup baik (46%) dan 7 siswa dalam kategori baik (27%); 2) Pembelajaran yang diperoleh oleh siswa kelas XI Akutansi 1 dan 2 di SMK Takhasus Al-Qur’an Wonosobo dapat dikategorikan cukup baik. Hal ini terbukti dari nilai posttest pada kelas kontrol, siswa yang memperoleh nilai < 75,63 sebanyak 7 siswa dengan prosentase 25,9% dalam kategori kurang, nilai antara 75,63 – 83,63 sebanyak 13 siswa dengan prosentase 48,1% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai > 83,63 sebanyak 7 siswa dengan prosentase 20% dalam kategori baik. Dan nilai posttest pada kelas eksperimen, siswa yang memperoleh nilai < 81,85 sebanyak 7 siswa dengan prosentase 27% dalam kategori kurang, nilai antara 81,85 – 89,85 sebanyak 12 siswa dengan prosentase 46% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai > 89,85 sebanyak 7 siswa dengan prosentase 27% dalam kategori baik; 3) Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t, terbukti bahwa hipotesis alternatif (H1) yang diajukan secara signifikan dapat diterima, artinya Ada perbedaaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis multimedia (Studi Kasus di SMK Takhassus Al-Quran Wonosobo Kelas XI Akuntansi Tahun Ajaran 2015/2016) yang dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 2,714 ternyata lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk 51 yaitu 1,005 atau thitung > ttabel = 2,714 > 1,005 dan dengan taraf signifikasi 1% diperoleh 1,341 atau thitung > ttabel = (2,714 > ,005). Dan dibuktikan dengan uji Gent peningkatan prestasi, pada kelas kontrol diperoleh peningkatan prestasi belajar 49% dan pada kelas eksperimen peningkatan prestasi belajar sebesar 64%.
Kata Kunci: Multimedia dan Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain