Skripsi
Problematika Pembelajaran Maharoh Istima' Menggunakan Metode Sam'iyyah Syafawiyah (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo)
Tujuan pembelajaran bahasa Arab secara umum adalah agar siswa dapat menguasai bahasa Arab dengan baik dn benar. Untuk mencapai tujuan itu semua, tentu saja tidak terlepas dari beberapa faktor yaitu guru, siswa,materi, metode dan lingkungan. Dari faktor-faktor tersebut haruslah saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Sebagaimana dalam pengajaran Maharoh Istima’ Menggunakan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di MAN Wonosobo untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai terdapat problematika yang harus dihadapi, yaitu problem linguistik dan non linguistik. Dari kedua problem tersebut haruslah guru dan Kepala Madrasah mempunyai keputusan yang bijak guna menyikapi problematika yang ada, sehingga siswa dalam mempelajari Istima’ dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika Istima’ Menggunakan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di MAN Wonosobo, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunakan metode analisa bingkai (framing analysis). Dan supaya penelitian ini dapat terarah dengan baik, penulis menggunakan teori pengajaran Maharoh Istima’ dan teori problematika dalam pengajaran bahasa Arab . Karena dalam suatu penelitian bisa dikatakan dengan sempurna,apabila dalam mencari data-data yang ada haruslah sesuai dengan teori dan tak lain dari penelitian semacam ini yakni penelitian kualitatif adalah dapat dikatakan dengan pembuktian dari sebuah teori. Setelah dengan berjalanya seiring waktu yang di dasari dngan metode dan teori, penulis mendapatkan hasil kesimpulan dari penelitian ini mengenai Problematika Pembelajaran Maharoh Istima’ Menggunakan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di MAN Wonosobo. Problematika tersebut adalah disebabkan oleh dua problem yakni problem linguistik dan problem non linguistik. Dalam menyikapi permasalahan tersebut, penulis memberkan solusi dalam mengambil langkah dalam pengajaran yaitu dengan Memberikan materi tambahan kepada siswa yang menurut gurunya masih pemula, Memberikan latihan-latihan yang fariatif dan menyenangkan, Berusaha menggunakan media yang mendukung. Dan untuk mengetahui apakah pembelajaran Maharoh Istima’ Menggunakan Metode Sam’iyyah Syafawiyah di MAN Wonosobo selama ini, penulis mengambil nilai ulangan sebagai hasil prestasi siswa. Dan mendapatkan hasil nilai rata-rata kelas 63, dari hasil tersebut berdasarkan ukuran standar rata-rata penulis bisa katakan cukup baik.
Kata Kunci: Problematika, Istima’, Sam’iyyah Syafawiyah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain