Skripsi
Korelasi Motivasi Dan Metode Belajar Menghafal Kosa Kata Dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Vi Di Mi Hidayatussibyan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Motivasi belajar merupakan kebutuhan dalam belajar yang sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan belajar dan memberikan arah kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan. Motivasi belajar ada yang berasal dari diri sendiri yang biasa disebut motivasi intrinsik, ada juga yang berasal dari luar diri yang mana munculnya dibutuhkan rangsangan dari luar yang biasa disebut dengan motivasi ekstrinsik. Dengan adanya usaha yang tekun dan terutama didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui hubungan model belajar menghafal kosa kata dengan prestasi belajar siswa, untuk mengetahui hubungan antara motivasi siswa dengan model belajar siswa, serta hubungan antara motivasi siswa bersama-sama dengan model belajar menghafal kosa kata dengan prestasi belajar siswa VI MI Hidayatussibyan Wadaslintang.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode observasi, dokumentasi, dan menyebar angket dengan jumlah sampel 17 orang siswa dan jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menerapkan teknik random sampling. Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan menggunakan tiga teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa prosentase untuk jenis data kuantitatif deskriptif. Kemudian yang ke dua penulis menggunakan analisa korelasi dengan memakai rumus Product - Moment dari Pearson, dan yang ke tiga Rumus Korelasi Ganda .
Dari hasil penelitian diatas maka didapatkan hubungan yang tinggi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai 0,71. Hubungan model belajar dengan prestasi belajar terhitung sedang dengan nilai 0,53, dan hubungan motivasi belajar dengan model belajar juga sedang dengan nilai 0,66. Sedangkan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan model belajar terhadap prestasi belajar mempunyai hubungan yang tinggi dengan nilai 0,84. Untuk meningkatkan motivasi siswa hendaknya dibantu oleh lingkungan sekitar, baik orang tua dan masyarakat, serta guru agar siswa dapat mencapai prestasi yang baik serta mampu menghadapi tantangan pada era globalisasi saat ini.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Belajar, Menghafal Kosa kata, dan Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain