Skripsi
Cara menanamkan aqidah melalui metode kisah pada anak usia dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menanamkan aqidah melalui metode kisah pada anak usia dini, bagaimana proses pembelajaran aqidah melalui metode kisah pada anak usia dini, faktor penghambat dan faktor pendorong menanamkan aqidah pada anak usia dini melalui metode kisah.
Metode penelitian dilaksanakan dengan penelaahan kepustakaan, yaitu mengenal pustaka dan pengalaman orang lain dalam bidang yang diminati atau mempelajari subyek penelitian itu, sehingga perhatian penelitian lebih banyak ditujukan pada pembentukan teori substantif berdasarkan dari konsep-konsep yang timbul dari data empiris. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan studi dokumenter dan penelusuran data online.
Hasil penelitian cara yang digunakan oleh guru dalam menanamkan aqidah bagi anak usia dini adalah dengan menyampaikan cerita kisah istimewa 5 Rasul pilihan, proses pembelajaran aqidah melalui metode kisah pada anak usia dini adalah melalui pembelajaran yang berlangsung selama lima kali pertemuan dengan setiap pertemuan menyampaikan satu kisah Rasul pilihan.
Faktor penghambat antara lain, kemampuan anak usia dini untuk menangkap sebuah cerita masih sangat terbatas, guru belum memiliki kemampuan bercerita, media yang ada masih terbatas. Sedangkan faktor pendukung bahwa kisah rasul merupakan kisah nyata yang menarik.
Kata kunci: Menanamkan Aqidah, metode kisah, anak usia dini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain