UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Pengaruh Penerapan Metode Iknuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mi Ma'arif Rejosari Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016

Ulfah, Riang Ita - Nama Orang;

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil tahun ajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil tahun ajaran 2015/2016
Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil dan sebagai sampel yaitu siswa Kelas IV. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji hipotesis yang menggunakan siklus. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penerapan metode inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPS siswa kelas IV, metode dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diteliti berjumlah 20 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai siklus I dan siklus II hasil nilai IPS siswa kelas IV MI Ma’arif Rejosari tahun pelajaran 2015/2016.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan penerapan metode inkuiri terbimbing ini mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil sebelum menerapkan metode inkuiri terbimbing, dapat dilihat dari presentase perolehan siswa dan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil belajar pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 58,5. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 60,7%. Untuk siklus II pada nilai rata-rata peserta didik adalah 86,6. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 95%.


Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, dan IPS

 


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3864 ULF p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode inkuiri
Hasil belajar siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Riang Ita Ulfah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?