Skripsi
Pengaruh Penerapan Metode Iknuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mi Ma'arif Rejosari Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode inkuiri terbimbing pada siswa kelas IV MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil tahun ajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil tahun ajaran 2015/2016
Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Rejosari Kecamatan Kepil dan sebagai sampel yaitu siswa Kelas IV. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji hipotesis yang menggunakan siklus. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penerapan metode inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPS siswa kelas IV, metode dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diteliti berjumlah 20 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai siklus I dan siklus II hasil nilai IPS siswa kelas IV MI Ma’arif Rejosari tahun pelajaran 2015/2016.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan penerapan metode inkuiri terbimbing ini mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil sebelum menerapkan metode inkuiri terbimbing, dapat dilihat dari presentase perolehan siswa dan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil belajar pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 58,5. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 60,7%. Untuk siklus II pada nilai rata-rata peserta didik adalah 86,6. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 95%.
Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, dan IPS
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain