Skripsi
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Manuskrip Wayang Kulit Lakon Dewi Ruci
Tujuan penelitian adalah: 1)Untuk menegtahui isi manuskrip lakon Dewa Ruci, 2)Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam manuskrip lakon Dewa Ruci, 3)Untuk mengetahui bagaimanan konteksualisasi nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam manuskrip Dewa Ruci.
Jenis Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode study literatur (Kajian Pustaka). Pertama-tama yang dilakukan penulis adalah mengkaji manuskrip wayang kulit lakkon Dewa Ruci, kemudian diperkuat dengan buku-buku yang relevan dengan judul penelitian.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa 1) Manuskrip kulit lakon Dewa Ruci mengisahkan perjalanan Bima dalam mencari ilmu kesempurnaan melalui perantara Begawan Durna.2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam manuskrip wayang kulit lakon Dewa Ruci diantaranya adalah, Nilai ketauhidan/ Ketuhanan dan nilai pendidikan akhlak. Nilai pendidikan akhlak diantaranya nilai kesabaran, Niali kesopanan, nilai keikhlasan, an nilai tawakal. Niali pendidikan islam juga terkandung dalam simbolisasi yang terdapat dalam manuskrip lako Deawa Ruci . 3) Lakon Dewa Ruci seabgai sebuah karya sastra yang dapat memberiakn petunjuk /nasihat yang bersumber dari ajaran pendidikan Isalm dan moral Jawa. Di samping itu, kandungan simbolik dalam wayang tidak pernah kering untuk menyampaikan pesan-pesan pendidikan islam.Lakon Dewa Ruci misalnya,yang sarat dengan nilai-nilai dan amanat pendidikan Islam yang dirasa sangat cocok jika dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran sebagai media pembelajaran pendidikan Islam untuk meneladani Sang Bima sebagi tokoh utama dalam lakon ini.
Kata kunci:Nilai-nilain, Pendidikan Isam, Lakon Dewa Ruci
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain