Skripsi
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Yang Humanis Terhadap Kinerja Guru Dalam Pengembangan Mutu Sekolah Di Mi Ma'arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Kinerja merupakan kondisi yang tidak tetap yang dapat diperkuat atau diperlemah oleh pasang surutnya cara pandang dan pengaruh nilai-nilai yang dianut seseorang. Kinerja guru di Madrasah, secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan persepsinya terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini kepala madrasah memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan institusional. Selain itu secara organisasi kepala madrasah bertanggung jawab menciptakan iklim organisasi yang menunjang etos kerja para guru di lingkungannya. Penciptaan iklim organisasi tersebut dapat menumbuhkan semangat kerja dan loyalitas para guru, meskipun mereka memiliki konsep diri yang beragam. Begitu pula kinerja guru, memiliki hubungan fungsional dengan kualitas kerja dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas hasil berlajar. Tinggi rendahnya kinerja dipengaruhi oleh berbagai variabel internal dan eksternal. Kualitas hasil belajar dapat didekati dari kondisi kinerja dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya, hal inilah yang menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan.
Masalah yang diangkat adalah bagaimana pengaruh nyata kepemimpinan kepala madrasah yang humanis sebagai variabel bebas (X) dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo sebagai variabel terikat (Y). Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah yang humanis, dan supervisi klinis dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis maupun praktis. Populasi penelitian ini adalah para guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 10 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket.
Dari hasil analisis yang diketahui bahwa humanisme kepala madrasah berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil analisi data tabel pada t tabel signifikansi 5% sebesar 0,361 sedangkan pada taraf signifikansi 1% Tt diperoleh sebesar 0,463. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif antara Humanisme Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru MI Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Maka ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut.
Kata Kunci : Kepala Madrasah humanis, Kinerja Guru, Pengembangan Mutu Sekolah
Kinerja merupakan kondisi yang tidak tetap yang dapat diperkuat atau diperlemah oleh pasang surutnya cara pandang dan pengaruh nilai-nilai yang dianut seseorang. Kinerja guru di Madrasah, secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan persepsinya terhadap kepemimpinan kepala madrasah. Dalam hal ini kepala madrasah memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan institusional. Selain itu secara organisasi kepala madrasah bertanggung jawab menciptakan iklim organisasi yang menunjang etos kerja para guru di lingkungannya. Penciptaan iklim organisasi tersebut dapat menumbuhkan semangat kerja dan loyalitas para guru, meskipun mereka memiliki konsep diri yang beragam. Begitu pula kinerja guru, memiliki hubungan fungsional dengan kualitas kerja dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas hasil berlajar. Tinggi rendahnya kinerja dipengaruhi oleh berbagai variabel internal dan eksternal. Kualitas hasil belajar dapat didekati dari kondisi kinerja dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya, hal inilah yang menjadi alasan mengapa penelitian ini dilakukan.
Masalah yang diangkat adalah bagaimana pengaruh nyata kepemimpinan kepala madrasah yang humanis sebagai variabel bebas (X) dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo sebagai variabel terikat (Y). Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah yang humanis, dan supervisi klinis dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo.
Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis maupun praktis. Populasi penelitian ini adalah para guru Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 10 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket.
Dari hasil analisis yang diketahui bahwa humanisme kepala madrasah berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil analisi data tabel pada t tabel signifikansi 5% sebesar 0,361 sedangkan pada taraf signifikansi 1% Tt diperoleh sebesar 0,463. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif antara Humanisme Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru MI Ma’arif Bowongso Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Maka ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel tersebut.
Kata Kunci : Kepala Madrasah humanis, Kinerja Guru, Pengembangan Mutu Sekolah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain