Skripsi
Hubungan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajarn Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Wonosobo Kelas Viii Tahun 2015/2016
Skripsi ini membahas tentang hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Wonosobo kelas VIII tahun 2015 / 2016. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya gaya belajar peserta didik di sekolah tersebut sehingga ada dugaan berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wonosobo, 2) untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wonosobo kelas VIII, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Wonosobo kelas VIII. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik product moment. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, interview, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik kelas VIIISMP Negeri 2 Wonosobo diketahui bahwa meannya adalah 63,67. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik adalah dalam kategori baik yakni berada pada interval 64-70. Sedangkan prestasi belajarPendidikan Agama Islam juga diketahui bahwa meannya adalah 77,53. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah dalam kategori baik yakni berada pada interval 74-79.
Berdasarkan perhitungan dalam analisis, ternyata diketahui bahwa kualitas kedua variabel sama-sama dalam kategori baik. Dengan kata lain, tingginya gaya belajar peserta didik diikuti pula dengan tingginya Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Wonosobo kelas VIII. Hipotesis penelitian ini telah terjawab, yakni “Adanya hubungan antara gaya belajar peserta didik dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosobo” Setelah dilakukan perhitungan melalui analisis product moment yang menghasilkan nilai sebagai berikut. Berdasarkan konsultasi tabel ternyata setelah diolah dengan analisis perbandingan antara ro dengan rt diperoleh ro> rt (ro lebih besar dari rt) 0,794 > 0,361 (dalam taraf signifikansi 5%) dan 0,794 > 0,463 (dalam taraf signifikansi 1%).
Berdasarkan perhitungan ini, hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi tidak adanya hubungan antara gaya belajar peserta didik dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosoboditolak dan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi Adanya hubungan antara gaya belajar peserta didik dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosobo diterima. Hal ini berarti bahwa, gaya belajar peserta didik dapat menentukan tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Wonosobo kelas VIII.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar dan Peserta Didik
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain