UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Rekonstruksi Lembaga Pendidikan Islam Indonesia (Studi Konsep Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi 1998-2013

Septiawan, Pauzan - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah, 1). Untuk mengetahui relevansi sistem pendidikan islam indonesia. 2). Mencari konstruksi pendidikan islam yang sesuai dengan kondisi keindonesian era reformasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kepustakaan. Yaitu penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khazanah literatur yang memuat tentang pendidikan islam indonesia dalam kurun waktu tertentu. analisis yang digunakan adalah analisis historis filosofis tentang pendidikan islam indonesia dengan metode diskriftik analitik, dimulai dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan islam.

Berangkat dari kondisi mayoritas umat islam indonesia yang relatif masih tertinggal dalam berbagai bidang, terutama dalam pedidikan. Penulis mencoba melihat kembali pola pendidikan islam indonesia yang ada di era reformasi. Karena pendidikan berkaitan erat dengan kemajuan peradaban umat. Hasil dari penelitian ini penulis melihat bahwa masih terjadinya ketimpangan dalam pelaksanaan serta penyelenggaraan pendidikan islam. Baik itu dari kebijakan, pendanaan, serta kontekstualisasi pendidikan dalam era reformasi.

Kebijakan pemerintah dalam Undang-undang SISDIKNAS No. 02 Tahun 2003 hanya mengakomodir madrasah sebagai pendidikan islam yang diakui secara resmi dalam pendidikan nasional, sedangkan pondok pesantren hanya sebatas pendidikan keagamaan semata. Hal ini berampak pada segala bentuk penyelenggaraan pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan asli dan tertua di Indonesia.

Pendidikan islam tak hanya mengalami problematika pada dataran kebijakan, konsep, serta pelaksanaan pendidikan islam menjadi pembahasan yang hingga hari ini masih menjad perbincangan, baik itu dalam hal landasan konseptual, pembentukan karakter, integrasi keilmuan, kebudayaan, pendidikan berbasis sekolah dan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi dan politik.

Kata Kunci: Rekonstruksi, Lembaga, Pendidikan Islam.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3818 SEP r
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Pauzan Septiawan
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?