Skripsi
Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Smk Nusantara Wonosobo
Pembelajaran yang berkualitas dan efektif diperlukan manajemen kelas yang tepat. Oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kelas dalam pembelajaran akidah akhlaq, mendeskripsikan sejauh mana pelaksanaan manajemen kelas dalam menanggulangi permasalahan yang timbul saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, serta upaya-upaya yang dilakukan pendidik dalam manajemen kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran di SMK Nusantara Wonosobo.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Jenis metode yang diambil adalah deskriptif. Guna memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan memaparkan dan menafsirkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang terkait kemudian data dianalisis lebih lanjut secara intensif. Yang menjadi narasumber atau sumber data di dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, wakil kepala Kurikulum, guru Akidah Akhlaq dan siswa kelas XI Akuntansi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1).Perencanaan Manajemen Kelas dalam meliputi; a.Analisis Masalah Manajemen Kelas: Masalah Individual dan Masalah Kelompok ;b.Desain Kegiatan Belajar Mengajar, yang meliputi :Silabus yang digunakan sesuai dengan MKKS dan MGMP dan Menyusun RPP disesuaikan dengan kondisi; c.Strategi pembelajaran yakni dengan menggunakan metode yang bervariasi, pengembangan sumber belajar: memanfaatkan kelas dan mushola.2).Pelaksanaan Manajemen Kelas yakni; a.Tindakan-tindakan dalam Manajemen Kelas, yang meliputi : membuat buku diklat/rangkuman,memotivasi siswa agar konsentrasi pada pelajaran bersemangat dalam belajar, merangsang siswa agar aktif di kelas;b.Iklim/suasana kelas yang mencangkup:ruang kelas cukup memadai, pengaturan tempat duduk dibuat bervariasi, ventilasi, pengaturan cahaya serta penyimpanan barang-barang di dalam kelas baik;c.Metode Pembelajaran yang sering di gunakan adalah ceramah, metode ilmiah, CTL, tanya jawab interaktif, dan peragaan, disesuaikan dengan kondisi pada saat itu;d.Media Pembelajaran: buku pegangan guru dan siswa, al-Qur’an, LCD, dan peraga. 3)Pengorganisasian kelas dalam menciptakan interaksi antar peserta didik, guru (pendidik) membuat kelompok dan mendiskusikan tugas.; 4)Evaluasi Manajemen Kelas adalah meningkatkan hasil belajar siswa;mencari solusi dari faktor-faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan manajemen kelas; mengembangkan metode pembelajaran yang lebih sesuai dengan kondisi yang ada di kelas.
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Pembelajaran Akidah Akhlaq, Kualitatif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain