Skripsi
Penerapan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode quantum teaching dalam meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pokok bahasan besaran dan pengukuran di SMK Karya Mandiri Garung 2014/2015.
Penelitian ini di SMK Karya Mandiri tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 98 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sebagai sampel penelitian adalah kelas X Teknik Sepeda Motor(TSM) yang terdiri 10 siswa. Jenis penelitianya adalah menggunakan metode kuasi eksperimen. Metode pre-test dan post-test digunakan untuk menguji kemampuan konsep siswa. Sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu diadakan uji instrumen. Uji prasyarat analisis data digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis digunakan uji t dan uji g perhitungan menggunakan microsoft excell 2007.
Teknik uji hipotesis yang pertama menggunakan uji t dengan hasil t hitung > t tabel atau 0,780 > 0.706 artinya ada perbedaan antara yang menngunakan metode quantum teaching dengan yang tidak menggunakan quantum teaching. Dengan menggunakan uji gain didapatakan pembelajaran yang menggunakan quantum teaching adalah 0,176 artinya penguasaan konsep fisika siswa sedang dan yang menggunakan metode konvensional 0,066 artinya penguasaan konsep fisika siswa rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode quantum teaching di SMK Karya Mandiri pada kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM). Dengan pemilihan metode mengajar yang tepat akan membuat siswa tertarik mempelajari lebih dalam materi pelajaran sehingga akan menumbuhkan sikap motivasi yang tinggi untuk mempelajari materi tersebut.
Kata Kunci : quantum teaching, penguasaan konsep, pembelajaran fisika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain