Skripsi
Implementasi Pemisah Kelas Berdasarkan Gender Terhadap Motivasi Dan Minat Belajar Ipa Kelas Viii Tahun Pelajaran 2016/2017
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar kelas laki-laki dan perempuan, minat belajar kelas laki-laki dan perempuan, dan melihat apakah ada perbedaan motivasi dan minat belajar antara kelas laki-laki dan perempuan.
Instrumenyang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan angket, dimana dari angket peneliti dapat melihat motivasi dan minat belajar kelas laki-laki dan perempuan.Penelitian dimulai dari tanggal 25-30 Juli 2016 Di SMP Takhassus Al-qur’an Kalibeber. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dimana kami mengambil kelas VIII J sebagai sampel kelas laki-laki dan VIII H sebagai sampel kelas perempuan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi dan minat belajar antara kelas laki-laki dan perempuan, didasari dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-tes dimana memperoleh nilai signifikasi 0,090 untuk motivasi dan 0,280 untuk minat belajar. Harga t tersebut selanjutnya dibandingkan dengan t tabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 48 – 2 = 46. Dengan dk 46 dan bila taraf kesalahan ditetapkan sebesar 5%, maka t tabel 2,013.
Harga t hitung lebih kecil dari t tabel, untuk motivasi (0,09 < 2,013) dan untuk minat belajar (0,280 < 2,013). Sehingga dalam hal ini H0 diterima dan Ha ditolak, jadi tidak ada perbedaan motivasi dan minat belajar IPA antara kelas laki-laki dan perempuan.
Kata Kunci : pemisalan kelas, motivasi belajar, minat belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain