Skripsi
Pengaruh Hasil Belajar Fiqih Terhadap Keaktifan Sholat Berjamaah Peserta Didik Kelas Viii Mts Al-Irsyad Gunungjati Pegedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Dalam konteks kehidupan duniawi, shalat adalah media komunikasi antara makhluk dan sang kholiq, sarana untuk menggapai kemajuan spiritual. Shalat menjadi penyeimbang bagi sisi atau dimensi keduniawian setiap hamba, karena seseorang bisa mencapai hadirat Tuhan hanya melalui shalat. karena shalat adalah pemisah antara keimanan dan kekafiran serta pencegah dari perbuatan keji dan munkar. Untuk mengetahui apakah ada pengaruhnya hasil belajar fiqih terhadap keaktifan shalat berjama’ah siswa kelas VIII di MTs Al Irsyad Gunungjati Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Variabel yang diteliti yaitu keaktifan shalat sebagai variable bebas dan pengendalian diri siswa sebagai variable terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis “Product Moment.”
Berdasarkan perhitungan tentang hasil belajar fiqih semester 1 (satu) diperoleh nilai tertinggi sebesar 88 dan nilai terendah sebesar 64. Adapun nilai rata-rata sebesar 77,55. Sedangkan berdasarkan perhitungan dengan rumus prosentase diperoleh kategori sangat baik sebesar 25,81 %, kategori baik sebesar 67,74 %, kategori cukup baik sebesar 6,45 % dan kategori tidak baik sebesar 0,00 %. Keaktifan shalat berjama’ah peserta didik diperoleh nilai tertinggi seberar 76 dan nilai terendah sebesar 59 adapun nilai rata-rata sebesar 69,68. Sedangkan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase diperoleh katagori sangat baik sebesar 41,94 %, kategori baik sebesar 32,26 %, kategori cukup baik sebesar 16,13 % dan kategori kurang baik sebesar 9,68 %.
Setelah dianalisis dengan menggunakan produck moment untuk tujuan ketiga yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar Fiqih dengan keaktifan shalat siswa siswa di MTs AL Irsyad Gunungjati Banjarnegara. Adanya hubungan ditunjukan dengan kooefisien korelasi rxy = 0,361 lebih besar dari rtabel = 0,355 pada taraf signifikansi 5% yakni 0,361 > 0,355). Karena harga rxy > rtabel, maka korelasi tersebut signifikan dan dapat diterima.
Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada hubungan atau pengaruh positif antara keaktifan shalat dengan pengendalian diri siswa Al Irsyad Gunungjati Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar Fiqih, Keaktifan Shalat Berjama’ah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain