Skripsi
Analisis Penilaian Kenerja Mahasiswa Dengan Teknik Self Assessment Pada Praktikum Elektronika Dasar 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah Di Wonosobo Tahun 2015
Penelitian ini merupakan penelitiankuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitianini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan penilaian kinerja mahasiswa dengan teknik self assessment pada praktikum Elektronika Dasar 1, mengetahui hasil self assessment dalam mengungkap kinerja praktikum mahasiswa, menggali informasi refleksi terhadap pelaksanaan penilaian kinerja praktikum mahasiswa dengan teknik self assessment, dan mengetahui pemanfaatan self assessment sebagai teknik penilaian.
Instrumen yang digunakandalampenelitianiniantaralainangket, rubrikpenilaiankinerjapraktikum, wawancara, dandokumentasi. Kelayakaninstrumenditinjaudarivaliditas, reliabilitas, danpenilaiandosenpembimbingpenelitian.Teknikpengumpulan data padapenelitianinimenggunakanangketuntuk mengungkap tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan penilaian kinerja praktikum dengan teknik self assessment meliputi pemahaman dan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan self assessment, refleksi terhadap pelaksanaan penilaian kinerja dengan teknik self assessment, serta tanggapan mahasiswa terhadap pemanfaatan hasil self assessment.Sedangkanuntukmelihathasilpenilaian kinerja mahasiswa dengan self assessmentdanpenilaianolehAsisten Praktikum (observer)digunakanrubrikpenilaiankinerjapraktikum.Sedangkanteknikanalisis data meliputipengolahan data angket, pengolahan data rubrikpenilaiankinerjapraktikum, menyimpulkanhasilwawancara.
Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwapelaksanaanself assessment padapenelitianinibelummaksimal, dikarenakansosialisasisebelumpelaksanaanself assessment kurang optimal sehinggabanyakmahasiswa yang belummengetahuiteknisself assessment denganbaik.Hasil penilaian kinerja mahasiswa dengan teknik self assessment pada praktikum Elektronika Dasar 1 menunjukkan bahwa penilaian kinerja yang dilakukan oleh mahasiswa (selfassessment) cenderung lebih besar daripada penilaian observer, yaitu sebesar 47,73%.Hanya sebagian kecil saja mahasiswa yang menilai dirinya lebih rendah dibandingkan dengan penilaian observer, yaitu sebesar 10,71%. Meskipun demikian, hasil ini menunjukkan adanya potensi bahwa penilaian self assessment dapat digunakan untuk mengungkap kemampuan kinerja praktikum mahasiswa, karena sebagian besar hasil antara hasil self assessment dengan penilaian observer juga menunjukkan kesesuaian, yaitu sebesar 41,56%.
Kata kunci: Self assessment, Penilaiankinerjapraktikum, ElektronikaDasar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain