Skripsi
Problema dan upaya peningkatan motivasi belajar pai pada peserta didik kelas VIII Smp Negeri 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo tahun ajaran 2015/2016
Motivasi belajar sangatlah penting dalam mengawali sebuah pembelajaran, dengan adanya motivasi belajar siswa tergerak atau semangat dalam melakukan pembelajarannya, peningkaan mutu proses belajar mengajar secara oprasional yang berlangsung di dalam kelas di perlukan peningkaan dan penyempurnaan dalam pendidikan oleh karena itu motivasi sangatlah penting bagi para siswa disamping itu proses belajar mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, dalam motivasi belajar guru sebagai peranan utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar harus senantiasa memberikan motivasi kepada siswa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif agar terciptanya pembelajaran yang maksimal.
Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran secara individual maupun kelompok. Pada prinsipnya penelitian kualitatif ini peneliti harus terjun langsung menjadi partisipan aktif bersama responden. Penelitian kualitatif ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi di balik fenomena yang kadangkala merupakan sesuatu yang sulit untuk diketahui dan dipahami, penelitian ini juga diharapkan mampu memberikan penjelasan secara utuh dan terperinci tentang fenomena yang merjadi fokus penelitian yakni problema dan upaya peningkatan motivasi belajar.
Dari hasil kajian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar di SMP Negeri 1 Watumalang Kabupaten Wonosobo, termasuk baik dan sesuai prosedur. Dengan strategi pembelajaran bervariatif agar peserta didik tidak bosan. Sarana dan prasarana media pembelajaran juga mendukung dalam terlaksanakannya pembelajaran di kelas
Kata Kunci : Motivasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain