Skripsi
Implementasi Metode Menyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas Ix A Smp Darul Falach Maron Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di madrasah-madrasah dan sekolah-sekolah selama ini masih sekedar menjadi mata pelajaran biasa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan proses pendidikan. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Arab masih terkesan monoton dan menggunakan metode klasik yang terkesan membuat siswa cepat jenuh. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah karena minimnya perbendaharaan kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang simpatik terhadap bahasa Arab yang merupakan bahasa keagamaan umat islam.
Penulisan skripsi dengan judul implementasi metode menyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas IX A SMP Darul Falach Maron Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016, bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa dengan menggunakan metode menyanyi dengan desain penelitian tindakan kelas. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview, dokumentasi dan tes evaluasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data yang tertulis atau lisan dari orang dan pengamatan kegiatan pembelajaran, sehingga penulis berupaya menggambarkan semuanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penulis juga menganalisis hasil tes evaluasi untuk mengetahui peningkatan penguasaan mufradat pada siswa dengan menggunakan metode menyanyi. Hasil dari analisis dalam peneulisan skripsi ini adalah dapat mengetahui kelas IX A SMP Darul Falach mengalami peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab diukur dari presentase ketuntasan.
Kata Kunci: metode menyanyi, meningkatkan, mufradat
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain