Skripsi
Pengaruh pembelajaran pendidikan agama islam dengan metode elektik terhadap minat belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Kejajar Wonosobo tahun ajaran 2013/2014
Tanpa belajar sesungguhnya tidak pernah ada pendidikan. Perubahan dan kemampuan untuk berubah merupakan batasan dan makna yang terkandung dalam belajar. Disebabkan oleh kemampuan berubah karena belajarlah, maka manusia dapat berkembang lebih jauh daripada makhluk-makhluk lainnya, sehingga ia terbebas dari kemandegan fungsinya sebagai khalifah Tuhan di muka bumi. Tinggi rendahnya kualitas perkembangan manusia (yang pada umumnya merupakan hasil belajar) akan menentukan masa depan peradaban manusia itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pengaruh penggunaan metode eklektik dengan dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Kejajar Kabupaten Wonosobo. Variabel dalam penelitian ini adalah metode eklektik dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik VIII di SMPN Kejajar Kabupaten Wonosobo.Tehnik sampel yang dugunakan adalah tehnik Random Sampling (pengambilan sampel secara acak)
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi dan kuisioner. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai penggunaan metode eklek pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kejajar, lembar angket digunakan untuk mengetahui penggunaan metode eklektik dan minat belajar peserta didik di SMPN 1 Kejajar.. Penelitian ini tidak menguji validitas dan reliabilitas karena angket yang digunakan adalah angket yang sudah baku.
Dari hasil perhitungan analisis regresi dan product moment menunjukkan adanya signifikan antara pengaruh pembelajaran PAI dengan metode eklektik terhadap minat belajar peserta didik SMPN 1 kejajar tahun ajaran 2013/2014. Yaitu dengan diperolehnya data rxy=0,55. Karena r hasil hitung lebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,555>0,436>0,339), dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,555antara penggunaan metode eklektik dengan minat belajar peserta didik
Kata Kunci : metode eklektik, minat belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain