Skripsi
Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik Kelas Viii C Mts Ma'arif Garung Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah dikarenakan hasil observasi yang menunjukkan bahwa penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo masih sangat rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan didalam belajar. Guru juga dalam mengajarkan materi bahasa Arab masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peserta didik cenderung kurang semangat, mengantuk dan jenuh terhadap materi yang disampaikan guru. Hafalan mufradat peserta didik juga masih lemah, sehingga berpengaruh terhadap penguasaan mufradat dan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan penguasaan mufradat peserta didik MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo , khususnya kelas VIII C dengan menggunakan metode permainan edukatif dengan menggunakan metode permainan edukatif (bingo kata, berburu kata, dan sebut kata). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan data kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan analisis data secara kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif dapat meningkatkan penguasaan mufradat kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo. Hal ini bisa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari hasil pre test sampai dengan rata-rata nilai hasil post test II dan masing-masing nilai tersebut adalah rata-rata nilai hasil pre test sebesar 40, rata-rata nilai hasil post tes I sebesar 75 dan rata-rata nilai hasil post tes II sebesar 81. Terjadi peningkatan nilai peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan metode permainan edukatif yaitu disaat pre test dari 36 peserta didik yang ada dikelas VIII C hanya ada 1 (3%) peserta didik yang nilainya diatas KKM, sedangkan pada post tes I ada 25 (69%) peserta didik dan pada post tes II ada sejumlah 30 (83%) peserta didik yang nilainya diatas KKM. Dari hasil penelitian yang didapatkan, dapat disimpulkan bahawa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan edukatif di kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo berhasil dilaksanakan dengan tercapainya indikator keberhasilan.
Kata Kunci : Penguasaan Mufradat dan Permainan Edukatif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain