UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik Kelas Viii C Mts Ma'arif Garung Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016

Sunariyah - Nama Orang;

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah dikarenakan hasil observasi yang menunjukkan bahwa penguasaan mufradat peserta didik kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo masih sangat rendah. Dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab di kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan didalam belajar. Guru juga dalam mengajarkan materi bahasa Arab masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, sehingga peserta didik cenderung kurang semangat, mengantuk dan jenuh terhadap materi yang disampaikan guru. Hafalan mufradat peserta didik juga masih lemah, sehingga berpengaruh terhadap penguasaan mufradat dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan penguasaan mufradat peserta didik MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo , khususnya kelas VIII C dengan menggunakan metode permainan edukatif dengan menggunakan metode permainan edukatif (bingo kata, berburu kata, dan sebut kata). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan data kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan analisis data secara kuantitatif.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif dapat meningkatkan penguasaan mufradat kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo. Hal ini bisa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari hasil pre test sampai dengan rata-rata nilai hasil post test II dan masing-masing nilai tersebut adalah rata-rata nilai hasil pre test sebesar 40, rata-rata nilai hasil post tes I sebesar 75 dan rata-rata nilai hasil post tes II sebesar 81. Terjadi peningkatan nilai peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan metode permainan edukatif yaitu disaat pre test dari 36 peserta didik yang ada dikelas VIII C hanya ada 1 (3%) peserta didik yang nilainya diatas KKM, sedangkan pada post tes I ada 25 (69%) peserta didik dan pada post tes II ada sejumlah 30 (83%) peserta didik yang nilainya diatas KKM. Dari hasil penelitian yang didapatkan, dapat disimpulkan bahawa pembelajaran dengan menggunakan metode permainan edukatif di kelas VIII C MTs Ma’arif Garung Kabupaten Wonosobo berhasil dilaksanakan dengan tercapainya indikator keberhasilan.

Kata Kunci : Penguasaan Mufradat dan Permainan Edukatif


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3786 SUN i
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Metode permainan edukatif
mufradat
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sunariyah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?