Skripsi
Efektivitas Penggunaan Buku Panduan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Iv Di Mi Ma'arif Budi Luhur Kertek Tahun Pelajaran 2015/2016
Adapun jenis penelitian yang dilakukan di Mi Ma’arif Budi Luhur Kertek menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan penelitian jenis eksperimen semu dan menggunakan desain one group pre-post test atau desain pra tes dan pacsa tes.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pretes dan posttes hasil belajar peserta didik.Bedasarkan hasil analis data nilai posttes peserta didik lebih baik dari pada nilai pretest. Hal ini merupakan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan buku panduan. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan buku panduan dan yang tidak menggunakan buku panduan. Hal tersebut telah dibuktikan dengan menggunakan rumus uji t-tes. Hasil analisis hasil analisis data dengan menggunakan rumus Uji-t, thitung : 12,76 dan untuk taraf signifikasi 5% dan db = N-1 = 29 diperoeh ttabel = 2,045, pada taraf signifikasi 1% yaitu 2,756 artinya bahwa thitung pada analisis ini diatas nilainya masih besar jika bandingkan dengan nilai t pada tabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. hasil analisis data dengan menggunakan N-gain diperoleh adanya penigkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,61 %.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data dengan rums Uji-t yaitu bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan buku panduan dan tidak menggunakan buku panduan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di Mi Ma’arif Budi Luhur Keretek Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Penggunaan Buku Panduan, Hasil Belajar Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain