Skripsi
Konsep Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dini (Kajian Kitab Al-Akhlaq Li Al-Banin Karya Umar Ahmad Baraja)
Anak dalam usia dini masih membutuhkan pemikiran yang relatif sederhana
terutama dalam menerima setiap masukan dari orang tua atau pendidik. Apalagi
melihat situasi sekarang, yang kaitannya dengan pergaulan bebas, orang tua atau
pendidik sangat perlu untuk menerapkan pendidikan akhlak terutama sejak dini.
Ini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir pergaulan bebas tersebut. Oleh karena
itu, setiap orang tua atau pendidik harus menentukan metode yang akan dipakai
untuk mengajarkan kepada anak tentang pendidikan akhlak supaya dapat
dimengerti atau dipahami oleh anak dengan baik.
Penulisan skripsi dalam judul KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK
USIA DINI (KAJIAN KITAB AL-AKHLAQ LI AL-BANIN KARYA UMAR
AHMAD BARAJA’) bertujuan untuk mengetahui pengertian dalam anak usia dini
yang sebenarnya, mengetahui metode pendidikan akhlak yang di terapkan pada
anak usia dini, mengetahui dasar-dasar pendidikan akhlak terpuji yang terkandung
dalam kitab Al-Akhlak Li Al-Banin. Untuk pengumpulan data melalui penelitian
perpustakaan (Library Research).
Hasil analisisnya yaitu: (1) materi berkaitan dengan metode pendidikan akhlak
yang merupakan satu cara memudahkan pendidik untuk memberikan pendidikan
yang sesuai dengan kondisi psikologi anak. (2) tujuan berkaitan dengan metode
pengajaran yang diterapkan pada anak harus tepat dan sesuai dengan karakter
anak agar perkembangan berbagai potensi dan kemampuan anak bisa optimal. (3)
guru meliputi berpusat pada anak, partisipasi aktif, bersifat holistis dan integratif,
fleksibel, dan perbedaan individual. (4) lingkungan mempengaruhi pembentukan
dan pembinaan akhlak bagi anak.
Kata kunci: konsep, pendidikan akhlak, anak usia dini
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain