Skripsi
Pengaruh Perubahan Konsep Ktsp Dalam Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Kelas Vii (Studi Kasus Pembelajaran Ipa Materi Pengukuran Di Smp N 1 Garung)
Fokus masalah skripsi ini diarahkan pada perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013 terhadap pemahaman siswa. Adapun rumusan masalah yang dibahas: (1) Apa perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013? (2) Bagaimana problematika dan upaya yang dilakukan dalam proses perubahan implementasi dengan konsep KTSP menjadi Kurikulum 2013 di SMP N 1 Garung? (3) Bagaimana dampak perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013 di SMP N 1 Garung? (4) Bagaimanakah pengaruh perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013 terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi pengukuran di SMP N 1 Garung?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran. Data diperoleh melalui metode tes, angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitik.
Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwa perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013 meliputi: (1) Standar Lulusan Kompetensi (SKL), (2) Standar Isi, (3) Standar proses, (4) Standar Penilaian. Problematika yang dihadapi dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Garung: (1) Belum diketahui output siswa, (2) Belum ada guru mata pelajaran pra karya, (3) Guru belum paham dengan konsep Kurikulum 2013, (4) Guru disibukkan dengan pembuatan perangkat pembelajaran, (5) Kurangnya waktu dalam penilaian saat proses pembelajaran, (6) Proses adaptasi guru dengan Kurikulum 2013 memerlukan waktu lama. Upaya untuk menghadapi problematika dalam implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Garung: (1) Guru memberikan tambahan materi KTSP di kelas IX, (2) Mengikuti sosialisasi-sosialissi, (3) Semua guru diberi pedoman Kurikulum 2013, (4) Memanfaatkan teknologi yang ada, (5) Waka kurikulum melakukan sosialisasi kepada guru, (6) Mengembangkan aplikasi penilaian. Dampak perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013: (1) Meningkatnya sikap percaya diri dan keberanian, (2) Siswa lebih paham terhadap suatu konsep materi, (3) Siswa mulai memunculkan ide-ide kreatif dalam tugas proyek, (4) Guru lebih banyak beban namun lebih kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran, (5) Sekolah dianggap memiliki fasilitas dan kualitas siswa yang baik, (6) Muncul rasa khawatir dalam Ujian Nasional. Terdapat pengaruh perubahan konsep KTSP dalam Kurikulum 2013 terhadap pemahaman siswa dengan rhitung > rtabel = 0.240 > 0.220 dimana siswa dengan KTSP dan Kurikulum 2013 memiliki pemahaman yang dikategorikan sedang.
Kata Kunci : KTSP, Kurikulum 2013, Implementasi, Pemahaman Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain