Skripsi
Implementasi pengajaran dalam pendidikan islam (kajian ayat-ayat al-qur'an "kisah nabi khidir as" dalam q.s. Al-kahf ayat 60-82)
Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya penerapan strategi pengajaran dalam pendidikan Islam. Tidak sedikit guru atau pendidik yang masih saja menerapkan metode lama khas pendidikan Islam yakni metode Teacher Center berupa ceramah. Belum puas rasanya apabila pendidik belum menyampaikan secara langsung kepada para peserta didik. Seperti halnya pada kisah Nabi Khidr as. memberikan pengajaran pada muridnya, Nabi Musa as.. Namun dalam hal ini tidak bisa berjalan dengan baik dikarenakan Nabi Musa as. adalah gambaran peserta didik yang aktif bertanya sedangkan Nabi Khidr as. adalah contoh pendidik yang bersikukuh dengan metode ceramahnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dimana sumber kajian data yang utama adalah bahan-bahan pustaka baik tulisan, buku, artikel, dan sebagainya yang berkaitan dengan tema penelitian. Yang mana data primer yang dikaji adalah kisah Nabi Khidr as. yang terdapat dalam QS Al-Kahf ayat 60-82. Selain itu juga sebagai pelengkap data penelitian, kisah-kisah Nabi Khidr as. dari berbagai mufassir maupun dari berbagai media juga dikumpulkan sebagai pembanding, pelengkap dan penyempurna penelitian ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa dalam pendidikan Islam modern sekarang, keegoisan ini tidak bisa diandalkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang maju. Agar menjadi pengajaran yang berkualitas, maka strategi yang digunakan harus pula seimbang antara pendidik dan peserta didik. Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya dan menyalurkan keingintahuannya kepada pendidik yang berfungsi sebagai fasilitator. Selain itu, dari kisah Nabi Musa as. berguru pada Nabi Khidr as. juga terdapat banyak nilai-nilai akhlaq yang bisa menjadi tauladan bagi dunia pendidika Islam.
Kata kunci: implementasi, pengajaran, kisah Nabi Khidr as.
.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain