UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Implementasi pengajaran dalam pendidikan islam (kajian ayat-ayat al-qur'an "kisah nabi khidir as" dalam q.s. Al-kahf ayat 60-82)

KHASANAH, USWATUN - Nama Orang;

Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya penerapan strategi pengajaran dalam pendidikan Islam. Tidak sedikit guru atau pendidik yang masih saja menerapkan metode lama khas pendidikan Islam yakni metode Teacher Center berupa ceramah. Belum puas rasanya apabila pendidik belum menyampaikan secara langsung kepada para peserta didik. Seperti halnya pada kisah Nabi Khidr as. memberikan pengajaran pada muridnya, Nabi Musa as.. Namun dalam hal ini tidak bisa berjalan dengan baik dikarenakan Nabi Musa as. adalah gambaran peserta didik yang aktif bertanya sedangkan Nabi Khidr as. adalah contoh pendidik yang bersikukuh dengan metode ceramahnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dimana sumber kajian data yang utama adalah bahan-bahan pustaka baik tulisan, buku, artikel, dan sebagainya yang berkaitan dengan tema penelitian. Yang mana data primer yang dikaji adalah kisah Nabi Khidr as. yang terdapat dalam QS Al-Kahf ayat 60-82. Selain itu juga sebagai pelengkap data penelitian, kisah-kisah Nabi Khidr as. dari berbagai mufassir maupun dari berbagai media juga dikumpulkan sebagai pembanding, pelengkap dan penyempurna penelitian ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa dalam pendidikan Islam modern sekarang, keegoisan ini tidak bisa diandalkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang maju. Agar menjadi pengajaran yang berkualitas, maka strategi yang digunakan harus pula seimbang antara pendidik dan peserta didik. Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya dan menyalurkan keingintahuannya kepada pendidik yang berfungsi sebagai fasilitator. Selain itu, dari kisah Nabi Musa as. berguru pada Nabi Khidr as. juga terdapat banyak nilai-nilai akhlaq yang bisa menjadi tauladan bagi dunia pendidika Islam.


Kata kunci: implementasi, pengajaran, kisah Nabi Khidr as.
.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3794 KHA i
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Uswatan Khasanah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?