Skripsi
Nilai-Nilai Anti Korupsi Pendidikan Agama Islam Di Smk Almadani Kepil Wonosobo
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan anti korupsi mendesak untuk di kenalkan dan diajarkan di lembaga pendidikan. Hal ini dimaksudkan agar siswa-siswi sekolah telah memahami nilai-nilai anti korupsi sehingga tidak terjerumus pada perilaku korupsi yang merusak masa depan bangsa.
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Almadani Kepil, dan untuk mengetahui pemecahan atau solusi dari problem yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Almadani Kepil. Dalam mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk membuat deskripsi mengenai variabel yang diteliti, yaitu mengenai bagaimana internalisasi dan penerapan nilai-nilai pendidikan anti korupsi di SMK Almadani Wonosobo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, internalisasi dan penanaman nilai-nilai pendidikan anti korupsi di SMK Almadani Kepil dilakukan dalam beberapa bentuk, yaitu terintegrasi dalam mata pelajaran, melalui kegiatan ekstra kurikuler, model pembudayaan dan pembiasaan. Kedua, hambatan-hambatan yang dihadapi dalam upaya internalisasi pendidikan anti korupsi melalui mata pelajaran PAI di SMK Almadani Kepil antara lain: masih terdapat siswa yang di luar pengawasan guru melakukan tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai anti korupsi, belum meratanya pemahaman antar guru terhadap nilai-nilai anti korupsi yang akan ditanamkan, tidak adanya struktur yang tetap dalam kerangka pendidikan anti korupsi di sekolah, dan kurangnya perencanaan yang matang dalam proses pendidikan anti korupsi, karena memang membutuhkan waktu yang panjang. Ketiga, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, adalah: peningkatan pengawasan terhadap perilaku keseharian siswa, selalu diadakan koordinasi antar guru, pembentukan struktur atau kurikulum yang jelas, dan perencanaan diwujudkan dalam bentuk dokumen atau program kerja.
Kata Kunci: internalisasi dan penanaman nilai, pendidikananti korupsi, SMK Almadani Kepil Wonosobo.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain