Skripsi
Penerapan Media Riil Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Di Mi Ma'arif Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2015/2016
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapanaktivitas media rill, untuk mengetahui hasilbelajarMatematika siswa kelas III MI Ma’arif Maron dan untuk mengetahui penerapan media rillterhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Maron Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo Semester II Tahun ajaran 2015/2016
Penelitian dilakukan di MI Ma’arifMaron Kecamatan Garungdan sebagai sampel yaitu siswa kelasIII. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji hipotesis yang menggunakan siklus. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penerapanaktifitas media rilldan hasil belajar Matematika siswa kelas III, metode dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diteliti berjumlah 20 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai siklus I dan siklus II hasil nilai Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Maron tahun pelajaran 2015/2016.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan penerapanaktifitas media rillini mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil sebelum menggunakan media rill, dapat dilihat dari presentase perolehan siswa dan analisa kuantitatif diperoleh dari hasil belajar pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 66. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 70%. Untuk siklus II pada nilai rata-rata peserta didik adalah 81. Pada ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh siswa adalah 85%.
Kata Kunci :Media Rill, restasiBelajar, dan Matematika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain